Panduan Lengkap Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas

administrator

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17) merupakan institusi pendidikan tinggi yang fokus pada bidang kesehatan. Sebagai contoh, STIKes-17 memiliki program studi keperawatan yang menghasilkan perawat profesional.

Pendidikan kesehatan sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. STIKes-17 berperan dalam menyediakan tenaga kesehatan yang kompeten dan profesional. Salah satu perkembangan penting dalam sejarah STIKes-17 adalah pendiriannya pada tahun 1965, yang menandai dimulainya pendidikan kesehatan di wilayah tersebut.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang sejarah, program studi, fasilitas, dan prestasi STIKes-17. Pembaca akan memperoleh informasi komprehensif tentang institusi pendidikan tinggi kesehatan ternama ini.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17) memiliki beberapa aspek penting yang menjadikannya institusi pendidikan tinggi kesehatan terkemuka. Aspek-aspek tersebut antara lain:

  • Sejarah
  • Program Studi
  • Fasilitas
  • Tenaga Pendidik
  • Mahasiswa
  • Prestasi
  • Akreditasi
  • Kerja Sama
  • Kontribusi Masyarakat

Aspek-aspek tersebut saling terkait dan berkontribusi terhadap kualitas pendidikan di STIKes-17. Misalnya, sejarah panjang institusi ini menunjukkan komitmennya terhadap pendidikan kesehatan, sementara program studi yang beragam memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan di berbagai bidang kesehatan. Fasilitas yang modern dan tenaga pendidik yang kompeten memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang optimal. Prestasi mahasiswa dan akreditasi institusi menjadi bukti kualitas pendidikan yang diberikan. Kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, memperluas wawasan mahasiswa dan mempersiapkan mereka untuk karir global. Terakhir, kontribusi STIKes-17 kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian dan penelitian menunjukkan komitmen institusi ini untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Sejarah

Sejarah merupakan aspek penting dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17). Sejarah panjang institusi ini menunjukkan komitmennya terhadap pendidikan kesehatan dan berkontribusi pada reputasinya sebagai institusi pendidikan tinggi kesehatan terkemuka.

  • Pendirian
    STIKes-17 didirikan pada tahun 1965 sebagai Akademi Keperawatan Tujuh Belas. Pendirian ini didorong oleh kebutuhan akan tenaga perawat profesional di wilayah tersebut.
  • Perkembangan Program Studi
    Seiring berjalannya waktu, STIKes-17 mengembangkan program studi baru, seperti kebidanan, farmasi, dan kesehatan masyarakat. Pengembangan ini menunjukkan komitmen institusi untuk memenuhi tuntutan kebutuhan kesehatan masyarakat yang terus berubah.
  • Akreditasi
    STIKes-17 telah memperoleh akreditasi dari berbagai lembaga nasional dan internasional. Akreditasi ini merupakan bukti kualitas pendidikan yang diberikan oleh institusi ini.
  • Kerja Sama
    STIKes-17 menjalin kerja sama dengan berbagai institusi kesehatan dalam dan luar negeri. Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dari para ahli di bidangnya dan memperluas wawasan mereka.

Sejarah STIKes-17 menunjukkan bahwa institusi ini telah terus berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan kesehatan masyarakat. Komitmennya terhadap pendidikan kesehatan berkualitas tinggi telah menjadikan STIKes-17 sebagai pilihan utama bagi mahasiswa yang ingin berkarier di bidang kesehatan.

Program Studi

Program studi merupakan aspek penting dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17) karena menentukan bidang ilmu yang dapat dipelajari oleh mahasiswa. STIKes-17 memiliki beberapa program studi yang beragam, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan di berbagai bidang kesehatan.

  • Keperawatan
    Program studi keperawatan menghasilkan perawat profesional yang memiliki kompetensi dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien.
  • Kebidanan
    Program studi kebidanan menghasilkan bidan profesional yang memiliki kompetensi dalam memberikan pelayanan kebidanan kepada ibu dan bayi.
  • Farmasi
    Program studi farmasi menghasilkan apoteker profesional yang memiliki kompetensi dalam mengelola obat-obatan dan memberikan pelayanan kefarmasian kepada masyarakat.
  • Kesehatan Masyarakat
    Program studi kesehatan masyarakat menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat profesional yang memiliki kompetensi dalam mempromosikan kesehatan dan mencegah penyakit di masyarakat.

Program studi yang beragam di STIKes-17 memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih bidang kesehatan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Lulusan STIKes-17 siap untuk berkarier di berbagai bidang kesehatan dan berkontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat.

Fasilitas

Fasilitas merupakan komponen penting dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17) karena mendukung proses belajar mengajar dan menyediakan lingkungan yang kondusif bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan di bidang kesehatan.

STIKes-17 memiliki berbagai fasilitas yang lengkap dan modern, seperti laboratorium, ruang kelas, perpustakaan, dan rumah sakit pendidikan. Laboratorium dilengkapi dengan peralatan dan bahan-bahan yang canggih, sehingga mahasiswa dapat melakukan praktik secara langsung dan memperoleh pengalaman langsung di bidang kesehatan. Ruang kelas dirancang dengan nyaman dan dilengkapi dengan teknologi terkini untuk mendukung proses belajar mengajar yang interaktif. Perpustakaan memiliki koleksi buku, jurnal, dan sumber daya lainnya yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar dan penelitian mahasiswa. Rumah sakit pendidikan menyediakan tempat praktik bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan keterampilan yang telah mereka pelajari di lingkungan klinis yang sesungguhnya.

Dengan adanya fasilitas yang lengkap dan modern, STIKes-17 mampu memberikan pendidikan kesehatan berkualitas tinggi kepada mahasiswanya. Fasilitas tersebut memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang komprehensif, sehingga mereka siap untuk berkarier di bidang kesehatan dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat.

Tenaga Pendidik

Tenaga pendidik merupakan pilar penting dalam Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17). Mereka memiliki peran krusial dalam mendidik dan membentuk mahasiswa menjadi tenaga kesehatan yang kompeten dan profesional.

  • Kualifikasi
    Tenaga pendidik STIKes-17 memiliki kualifikasi akademik yang tinggi, minimal magister atau doktor di bidang kesehatan. Mereka juga memiliki pengalaman kerja di bidang kesehatan, sehingga dapat memberikan pengajaran yang relevan dan berbasis praktik.
  • Kompetensi Pedagogik
    Tenaga pendidik STIKes-17 memiliki kompetensi pedagogik yang baik. Mereka mampu menyampaikan materi pelajaran dengan jelas dan efektif, serta menggunakan metode pengajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik mahasiswa.
  • Etika Profesi
    Tenaga pendidik STIKes-17 menjunjung tinggi etika profesi. Mereka bersikap profesional, objektif, dan adil dalam menjalankan tugasnya. Mereka juga menjadi role model bagi mahasiswa dalam berperilaku etis dan berintegritas.
  • Penelitian dan Pengembangan
    Tenaga pendidik STIKes-17 aktif dalam penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan. Mereka menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional. Kegiatan penelitian dan pengembangan ini memperkaya wawasan tenaga pendidik dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan kesehatan.

Dengan kualitas tenaga pendidik yang unggul, STIKes-17 mampu memberikan pendidikan kesehatan yang berkualitas tinggi kepada mahasiswanya. Lulusan STIKes-17 memiliki kompetensi yang mumpuni dan siap untuk berkarier di bidang kesehatan, memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Mahasiswa

Mahasiswa merupakan bagian integral dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17). Mereka adalah individu yang menempuh pendidikan di bidang kesehatan dengan tujuan untuk menjadi tenaga kesehatan profesional.

  • Prestasi Akademik

    Mahasiswa STIKes-17 memiliki prestasi akademik yang baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai IPK yang tinggi dan lulus tepat waktu. Prestasi akademik yang baik menjadi dasar bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi profesional di bidang kesehatan.

  • Aktivitas Kemahasiswaan

    Mahasiswa STIKes-17 aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, seperti organisasi kemahasiswaan, kegiatan olahraga, dan kegiatan seni. Aktivitas kemahasiswaan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan non-teknis, seperti kepemimpinan, kerja sama tim, dan komunikasi.

  • Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

    Mahasiswa STIKes-17 juga aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Mereka terlibat dalam berbagai proyek penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat yang memberikan pengalaman langsung dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan berkontribusi kepada masyarakat.

  • Kerja Praktik dan Magang

    Mahasiswa STIKes-17 wajib mengikuti kerja praktik dan magang di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Kerja praktik dan magang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari di lingkungan kerja yang sesungguhnya.

Mahasiswa STIKes-17 adalah individu yang berkualitas tinggi, baik dari segi akademik maupun non-akademik. Mereka memiliki potensi untuk menjadi tenaga kesehatan profesional yang kompeten dan berintegritas. STIKes-17 terus berupaya untuk memberikan pendidikan dan pelatihan terbaik bagi mahasiswanya agar dapat berkontribusi secara optimal kepada masyarakat.

Prestasi

Prestasi merupakan salah satu aspek penting dalam Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17) yang mencerminkan kualitas pendidikan dan kompetensi mahasiswanya.

  • Prestasi Akademik

    Mahasiswa STIKes-17 memiliki prestasi akademik yang baik, dibuktikan dengan nilai IPK yang tinggi dan lulus tepat waktu. Hal ini menjadi dasar bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi profesional di bidang kesehatan.

  • Prestasi Non-Akademik

    Mahasiswa STIKes-17 juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, seperti organisasi kemahasiswaan, kegiatan olahraga, dan kegiatan seni. Prestasi non-akademik memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan non-teknis, seperti kepemimpinan, kerja sama tim, dan komunikasi.

  • Prestasi Penelitian

    Mahasiswa STIKes-17 aktif dalam kegiatan penelitian. Mereka terlibat dalam berbagai proyek penelitian yang memberikan pengalaman langsung dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan berkontribusi kepada pengembangan ilmu kesehatan.

  • Prestasi Pengabdian Masyarakat

    Mahasiswa STIKes-17 juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang memberikan pengalaman langsung dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan berkontribusi kepada masyarakat.

Prestasi yang diraih oleh mahasiswa STIKes-17 menunjukkan bahwa institusi ini berhasil memberikan pendidikan yang berkualitas tinggi dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berintegritas. Prestasi ini juga menjadi kebanggaan bagi STIKes-17 dan menjadi bukti nyata komitmen institusi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan di Indonesia.

Akreditasi

Akreditasi merupakan pengakuan resmi bahwa suatu institusi pendidikan tinggi memenuhi standar kualitas tertentu. Akreditasi sangat penting bagi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17) karena menunjukkan bahwa institusi ini telah memenuhi standar kualitas pendidikan kesehatan yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi.

Akreditasi menjadi komponen penting bagi STIKes-17 karena memberikan beberapa manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kredibilitas institusi dan lulusannya.
  • Menjamin kualitas pendidikan yang diberikan.
  • Membuka peluang kerja sama dengan institusi lain, baik di dalam maupun luar negeri.
  • Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi.

STIKes-17 telah meraih akreditasi dari berbagai lembaga akreditasi, baik nasional maupun internasional. Sebagai contoh, program studi Keperawatan STIKes-17 telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) dengan peringkat A. Akreditasi ini menunjukkan bahwa program studi Keperawatan STIKes-17 telah memenuhi standar kualitas pendidikan keperawatan yang ditetapkan oleh LAM-PTKes.

Dengan memiliki akreditasi, STIKes-17 dapat memberikan jaminan kepada mahasiswa, orang tua mahasiswa, dan masyarakat bahwa pendidikan yang diberikan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Hal ini juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lulusan STIKes-17 dan membuka peluang kerja sama dengan berbagai institusi kesehatan lainnya.

Kerja Sama

Kerja sama merupakan aspek penting dalam pengembangan dan kemajuan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17). Melalui kerja sama dengan berbagai pihak, STIKes-17 dapat meningkatkan kualitas pendidikan, memperluas jaringan, dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat.

  • Kerja Sama dengan Institusi Pendidikan

    STIKes-17 menjalin kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan, baik di dalam maupun luar negeri. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mengembangkan kurikulum bersama, dan memfasilitasi pertukaran mahasiswa dan dosen.

  • Kerja Sama dengan Institusi Kesehatan

    STIKes-17 bekerja sama dengan rumah sakit, puskesmas, dan institusi kesehatan lainnya. Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan praktik lapangan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selain itu, kerja sama ini juga membuka peluang bagi pengembangan program pendidikan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dunia kesehatan.

  • Kerja Sama dengan Industri

    STIKes-17 menjalin kerja sama dengan perusahaan dan industri yang bergerak di bidang kesehatan. Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, memfasilitasi magang dan penempatan kerja bagi mahasiswa, serta melakukan penelitian bersama.

  • Kerja Sama Internasional

    STIKes-17 menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan dan kesehatan di luar negeri. Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk belajar dan melakukan penelitian di luar negeri, serta memperluas jaringan internasional STIKes-17.

Melalui kerja sama dengan berbagai pihak, STIKes-17 dapat meningkatkan kualitas pendidikan, memperluas jaringan, dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat. Kerja sama ini juga memperkaya pengalaman belajar mahasiswa, meningkatkan kompetensi lulusan, dan memperkuat posisi STIKes-17 sebagai institusi pendidikan tinggi kesehatan terkemuka.

Kontribusi Masyarakat

Kontribusi masyarakat merupakan salah satu aspek penting bagi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17). STIKes-17 menyadari bahwa keberadaannya tidak dapat dilepaskan dari dukungan dan kontribusi masyarakat. Oleh karena itu, STIKes-17 senantiasa berupaya memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan akademis.

Salah satu bentuk kontribusi STIKes-17 kepada masyarakat adalah melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa STIKes-17 untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajari di kampus kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dapat berupa penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis, pelatihan kader kesehatan, dan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selain melalui kegiatan pengabdian masyarakat, STIKes-17 juga memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan penelitian. Penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa STIKes-17 bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan kebijakan kesehatan, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, dan mengembangkan produk atau jasa kesehatan yang baru.

Kontribusi masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari visi dan misi STIKes-17. STIKes-17 percaya bahwa dengan memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat, STIKes-17 dapat turut serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) tentang Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17)

Bagian FAQ ini berisi pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan mengenai STIKes-17. Pertanyaan-pertanyaan ini disusun untuk mengantisipasi pertanyaan umum atau mengklarifikasi aspek-aspek tertentu tentang STIKes-17.

Pertanyaan 1: Apa itu STIKes-17?

Jawaban: STIKes-17 adalah institusi pendidikan tinggi yang berfokus pada bidang kesehatan. STIKes-17 memiliki beberapa program studi, seperti keperawatan, kebidanan, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Pertanyaan 6: Apa saja prestasi yang telah diraih oleh STIKes-17?

Jawaban: STIKes-17 telah meraih beberapa prestasi, di antaranya akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) untuk program studi Keperawatan dengan peringkat A, serta penghargaan sebagai perguruan tinggi terbaik di bidang kesehatan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pertanyaan dan jawaban yang telah disajikan dalam FAQ ini memberikan gambaran umum tentang STIKes-17, mulai dari sejarah, program studi, hingga prestasinya. Untuk informasi lebih lengkap tentang STIKes-17, silakan kunjungi situs web resmi STIKes-17 atau hubungi bagian informasi STIKes-17.

Dengan memahami informasi yang telah diberikan, diharapkan pembaca dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17).

Tips Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan

Memilih sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES) yang tepat merupakan keputusan penting bagi masa depan karier Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat keputusan terbaik:

Tip 1: Tentukan minat dan tujuan karier Anda.
Pertimbangkan bidang kesehatan yang Anda minati dan jenis pekerjaan yang ingin Anda tekuni. Hal ini akan membantu Anda mempersempit pilihan STIKES yang sesuai dengan minat dan tujuan Anda.

Tip 2: Riset STIKES yang berbeda.
Kumpulkan informasi tentang STIKES yang Anda pertimbangkan, seperti reputasi, akreditasi, program studi yang ditawarkan, dan biaya pendidikan. Anda dapat mengunjungi situs web STIKES, membaca ulasan, dan berbicara dengan mahasiswa atau alumni saat ini.

Tip 3: Kunjungi kampus dan rasakan suasananya.
Mengunjungi kampus STIKES secara langsung akan memberi Anda gambaran tentang lingkungan belajar, fasilitas, dan budaya kampus. Anda juga dapat berbicara dengan staf dan mahasiswa untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tip 4: Pertimbangkan biaya pendidikan dan bantuan keuangan.
Biaya pendidikan STIKES dapat bervariasi, jadi penting untuk mempertimbangkan biaya dan opsi bantuan keuangan yang tersedia. Cari tahu tentang beasiswa, hibah, dan pinjaman yang dapat membantu Anda mendanai pendidikan Anda.

Tip 5: Cari tahu tentang peluang karier dan prospek kerja.
Tanyakan pada STIKES tentang layanan penempatan kerja mereka dan tingkat keberhasilan lulusan mereka dalam mendapatkan pekerjaan di bidang kesehatan. Hal ini akan memberi Anda gambaran tentang prospek karier dan peluang kerja setelah lulus.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan peluang untuk memilih STIKES yang tepat dan mempersiapkan diri untuk karier yang sukses di bidang kesehatan.

Memilih STIKES yang tepat adalah langkah awal dalam perjalanan karier Anda di bidang kesehatan. Dengan mempertimbangkan tips-tips yang telah diberikan, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan memulai perjalanan Anda menuju kesuksesan di bidang kesehatan.

Kesimpulan

Melalui pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tujuh Belas (STIKes-17) merupakan institusi pendidikan kesehatan yang memiliki reputasi baik dan telah berkontribusi signifikan dalam pengembangan kesehatan di Indonesia. STIKes-17 memiliki beberapa aspek penting yang menjadikannya institusi pendidikan tinggi kesehatan terkemuka, yaitu sejarah yang panjang, komitmen terhadap kualitas pendidikan, fasilitas yang lengkap dan modern, serta tenaga pendidik yang kompeten.

Beberapa poin penting yang saling terkait dan menjadikan STIKes-17 sebagai pilihan terbaik untuk pendidikan kesehatan adalah:

  1. STIKes-17 memiliki sejarah panjang dan reputasi baik dalam memberikan pendidikan kesehatan berkualitas tinggi.
  2. STIKes-17 memiliki berbagai program studi yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan dunia kesehatan saat ini.
  3. STIKes-17 didukung oleh tenaga pendidik yang kompeten dan berpengalaman, serta fasilitas yang lengkap dan modern.

Dengan memilih STIKes-17 sebagai tempat menimba ilmu kesehatan, mahasiswa akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas, keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, serta kesempatan untuk berkontribusi dalam peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia.

Related Post