5 Keunggulan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas

administrator

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas merupakan sebuah rumah sakit khusus yang menangani permasalahan kesehatan gigi dan mulut. Rumah sakit ini memberikan pelayanan komprehensif, mulai dari konsultasi, pemeriksaan, pencegahan, hingga perawatan gigi dan mulut.

Rumah sakit ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut masyarakat. Pelayanan yang diberikan berstandar tinggi dan didukung oleh tenaga kesehatan yang profesional. Salah satu tonggak sejarah penting yang dicapai oleh rumah sakit ini adalah akreditasi tingkat paripurna yang diperoleh pada tahun 2021.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lebih mendalam tentang Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas, termasuk sejarah berdirinya, fasilitas yang tersedia, dan layanan kesehatan gigi dan mulut yang ditawarkan.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut masyarakat. Ada beberapa aspek penting yang menjadi fokus utama rumah sakit ini, antara lain:

  • Pelayanan komprehensif
  • Tenaga kesehatan profesional
  • Fasilitas modern
  • Akreditasi paripurna
  • Penelitian dan pengembangan
  • Pendidikan dan pelatihan
  • Kerja sama dengan institusi lain
  • Pelayanan prima
  • Kepuasan pasien

Aspek-aspek tersebut saling terkait dan mendukung satu sama lain, sehingga menghasilkan layanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas tinggi. Rumah sakit ini terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan dan pengembangan tenaga kesehatan, pengadaan peralatan terbaru, dan kerja sama dengan institusi terkemuka di bidang kesehatan gigi dan mulut.

Pelayanan komprehensif

Pelayanan komprehensif merupakan salah satu aspek utama yang menjadi fokus Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Pelayanan komprehensif berarti memberikan layanan kesehatan gigi dan mulut yang lengkap, mulai dari pencegahan, diagnosis, hingga perawatan. Hal ini penting karena kesehatan gigi dan mulut yang optimal membutuhkan perawatan yang menyeluruh.

Sebagai contoh, pelayanan komprehensif di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas meliputi layanan pemeriksaan gigi rutin, pembersihan karang gigi, penambalan gigi, perawatan saluran akar, pembuatan gigi palsu, dan operasi bedah mulut. Layanan-layanan ini saling terkait dan mendukung satu sama lain, sehingga pasien dapat memperoleh perawatan yang komprehensif sesuai dengan kebutuhannya.

Penerapan pelayanan komprehensif di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas memberikan beberapa manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan mulut masyarakat.
  • Mengurangi risiko terjadinya masalah gigi dan mulut yang lebih serius.
  • Meningkatkan kepuasan pasien karena kebutuhan kesehatan gigi dan mulut mereka dapat terpenuhi dalam satu tempat.

Tenaga kesehatan profesional

Tenaga kesehatan profesional merupakan salah satu aspek penting yang menjadi fokus Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Tenaga kesehatan profesional di rumah sakit ini terdiri dari dokter gigi, dokter gigi spesialis, perawat gigi, dan tenaga kesehatan lainnya yang memiliki kompetensi dan kualifikasi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

  • Dokter gigi

    Dokter gigi adalah tenaga kesehatan profesional yang memiliki kompetensi untuk melakukan pemeriksaan, diagnosis, dan perawatan gigi dan mulut. Dokter gigi juga dapat melakukan tindakan pencegahan dan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut.

  • Dokter gigi spesialis

    Dokter gigi spesialis adalah dokter gigi yang memiliki kompetensi dan kualifikasi khusus dalam bidang tertentu, seperti ortodonti, periodonti, dan bedah mulut. Dokter gigi spesialis dapat memberikan perawatan gigi dan mulut yang lebih kompleks dan memerlukan penanganan khusus.

  • Perawat gigi

    Perawat gigi adalah tenaga kesehatan profesional yang memiliki kompetensi untuk membantu dokter gigi dalam melakukan perawatan gigi dan mulut. Perawat gigi juga dapat memberikan edukasi dan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat.

  • Tenaga kesehatan lainnya

    Selain dokter gigi, dokter gigi spesialis, dan perawat gigi, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas juga didukung oleh tenaga kesehatan lainnya, seperti radiografer, teknisi gigi, dan petugas administrasi. Tenaga kesehatan lainnya ini berperan dalam mendukung kelancaran operasional rumah sakit dan memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang optimal.

Keberadaan tenaga kesehatan profesional yang kompeten dan berkualitas di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas sangat penting untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang optimal. Tenaga kesehatan profesional ini bekerja sama secara sinergis untuk memberikan perawatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Fasilitas modern

Fasilitas modern merupakan salah satu aspek penting yang mendukung pelayanan kesehatan gigi dan mulut berkualitas tinggi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Fasilitas modern meliputi peralatan dan teknologi terbaru yang digunakan untuk menunjang proses diagnosis, perawatan, dan pencegahan masalah gigi dan mulut.

Keberadaan fasilitas modern sangat penting karena memberikan beberapa manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan akurasi dan kecepatan diagnosis.
  • Memungkinkan perawatan gigi dan mulut yang lebih efektif dan efisien.
  • Meningkatkan kenyamanan dan keamanan pasien.
  • Mendukung penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan gigi dan mulut.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas memiliki berbagai fasilitas modern, seperti:

  • Mesin rontgen panoramik: Digunakan untuk mengambil gambar panoramik gigi dan rahang.
  • Mesin cone beam computed tomography (CBCT): Digunakan untuk mengambil gambar 3D gigi dan rahang.
  • Laser gigi: Digunakan untuk berbagai prosedur, seperti pemutihan gigi, perawatan karies, dan bedah gusi.
  • Mikroskop gigi: Digunakan untuk melihat struktur gigi dan gusi dengan lebih detail.
  • Perangkat lunak manajemen praktik: Digunakan untuk mengelola data pasien, penjadwalan janji temu, dan dokumentasi perawatan.

Fasilitas modern ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Dengan memanfaatkan fasilitas modern, dokter gigi dapat memberikan perawatan yang lebih akurat, efektif, dan efisien, sehingga pasien dapat memperoleh hasil perawatan yang optimal.

Akreditasi Paripurna

Akreditasi paripurna merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan oleh lembaga akreditasi kepada rumah sakit yang telah memenuhi standar pelayanan kesehatan yang ditetapkan. Akreditasi paripurna diberikan setelah dilakukan penilaian komprehensif terhadap berbagai aspek, seperti manajemen mutu, keselamatan pasien, fasilitas, dan kompetensi tenaga kesehatan.

Bagi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas, akreditasi paripurna memiliki peran yang sangat penting. Akreditasi paripurna menjadi bukti bahwa rumah sakit ini telah memenuhi standar pelayanan kesehatan yang tinggi dan memberikan jaminan kualitas kepada masyarakat. Pasien dapat yakin bahwa mereka akan mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas dan aman di rumah sakit ini.

Akreditasi paripurna juga menjadi motivasi bagi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Rumah sakit ini berkomitmen untuk mempertahankan akreditasi paripurna dan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang terbaik kepada masyarakat.

Penelitian dan pengembangan

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas tidak hanya berfokus pada pelayanan kesehatan gigi dan mulut, tetapi juga aktif dalam penelitian dan pengembangan (litbang). Litbang merupakan salah satu pilar penting yang mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan gigi dan mulut.

  • Penelitian dasar

    Penelitian dasar bertujuan untuk mengungkap pengetahuan baru tentang kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini tidak langsung berfokus pada aplikasi klinis, tetapi memberikan landasan ilmiah untuk pengembangan teknologi dan perawatan baru.

  • Penelitian terapan

    Penelitian terapan berfokus pada pengembangan teknologi dan perawatan baru untuk masalah kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini menguji efektivitas dan keamanan teknologi atau perawatan baru sebelum diimplementasikan secara luas.

  • Penelitian klinis

    Penelitian klinis melibatkan pengujian teknologi atau perawatan baru pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitas teknologi atau perawatan baru dalam kondisi nyata.

  • Pengembangan produk

    Hasil penelitian dan pengembangan dapat digunakan untuk mengembangkan produk baru, seperti alat kesehatan, bahan kedokteran gigi, atau obat-obatan. Produk baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

Litbang di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas sangat penting untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan gigi dan mulut. Hasil litbang dapat digunakan untuk mengembangkan teknologi dan perawatan baru yang lebih efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat.

Pendidikan dan pelatihan

Pendidikan dan pelatihan merupakan komponen penting dalam pengembangan sumber daya manusia di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Rumah sakit ini memiliki komitmen kuat terhadap pendidikan dan pelatihan, baik bagi tenaga kesehatan yang sudah bekerja maupun yang masih dalam tahap pendidikan.

Salah satu bentuk pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas adalah program pendidikan dokter gigi spesialis. Program ini bertujuan untuk menghasilkan dokter gigi spesialis yang kompeten dan profesional di bidangnya masing-masing. Selain itu, rumah sakit ini juga menyelenggarakan berbagai pelatihan dan workshop untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tenaga kesehatan, baik yang berasal dari dalam maupun luar rumah sakit.

Pendidikan dan pelatihan yang berkualitas sangat penting untuk mendukung pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang optimal di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Tenaga kesehatan yang terampil dan kompeten dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan efektif kepada pasien. Selain itu, pendidikan dan pelatihan juga dapat meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja tenaga kesehatan, sehingga berdampak positif pada kualitas pelayanan secara keseluruhan.

Dengan komitmen yang kuat terhadap pendidikan dan pelatihan, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat. Rumah sakit ini percaya bahwa investasi pada pendidikan dan pelatihan adalah investasi untuk masa depan kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik.

Kerja sama dengan institusi lain

Kerja sama dengan institusi lain merupakan salah satu faktor penting yang mendukung keberhasilan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas tinggi. Rumah sakit ini menjalin kerja sama dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun luar negeri, untuk saling berbagi pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya.

Salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan adalah dengan perguruan tinggi dan lembaga penelitian. Kerja sama ini meliputi kegiatan penelitian bersama, pengembangan teknologi baru, dan pertukaran dosen dan mahasiswa. Melalui kerja sama ini, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas dapat mengakses pengetahuan dan teknologi terbaru di bidang kesehatan gigi dan mulut, serta berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan.

Selain itu, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas juga menjalin kerja sama dengan rumah sakit dan klinik gigi lainnya. Kerja sama ini bertujuan untuk saling merujuk pasien, berbagi pengalaman klinis, dan mengembangkan program pelatihan bersama. Kerja sama ini memungkinkan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang lebih komprehensif dan berkualitas tinggi.

Kerja sama dengan institusi lain sangat penting bagi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas dalam hal pengembangan sumber daya manusia, peningkatan kualitas pelayanan, dan kemajuan ilmu pengetahuan. Rumah sakit ini terus berupaya untuk memperluas dan memperkuat kerja sama dengan berbagai institusi, demi memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang terbaik kepada masyarakat.

Pelayanan prima

Pelayanan prima merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Pelayanan prima adalah pelayanan yang mengedepankan kepuasan pasien, baik dari segi kualitas teknis pelayanan maupun sikap dan perilaku petugas kesehatan.

Pelayanan prima sangat penting bagi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas karena dapat memberikan dampak positif pada berbagai aspek, seperti:

  • Meningkatkan kepuasan pasien, sehingga pasien merasa nyaman dan percaya untuk berobat di rumah sakit.
  • Meningkatkan loyalitas pasien, sehingga pasien akan kembali berobat ke rumah sakit jika membutuhkan perawatan gigi dan mulut.
  • Meningkatkan reputasi rumah sakit, sehingga rumah sakit dikenal sebagai penyedia layanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas tinggi.
  • Meningkatkan pendapatan rumah sakit, karena pasien yang puas cenderung bersedia membayar lebih untuk mendapatkan pelayanan yang baik.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas telah menerapkan berbagai strategi untuk memberikan pelayanan prima kepada pasien, antara lain:

  • Memberikan pelayanan yang ramah dan sopan kepada pasien.
  • Menyediakan fasilitas yang nyaman dan bersih.
  • Menggunakan peralatan dan teknologi terbaru.
  • Menyediakan informasi yang jelas dan lengkap kepada pasien.
  • Menangani keluhan pasien dengan cepat dan efektif.

Dengan menerapkan pelayanan prima, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas dapat memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas tinggi dan memuaskan bagi pasien. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan reputasi rumah sakit dan memberikan manfaat positif bagi pasien, rumah sakit, dan masyarakat secara keseluruhan.

Kepuasan pasien

Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor terpenting dalam menilai kualitas layanan kesehatan gigi dan mulut di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Pasien yang puas akan cenderung kembali berobat ke rumah sakit, merekomendasikan rumah sakit kepada orang lain, dan memberikan penilaian positif. Sebaliknya, pasien yang tidak puas dapat merusak reputasi rumah sakit dan mengurangi jumlah pasien yang datang.

Oleh karena itu, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas sangat memperhatikan kepuasan pasien. Rumah sakit ini berupaya memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi, ramah, dan profesional. Rumah sakit juga menyediakan fasilitas yang nyaman dan bersih, serta menggunakan peralatan dan teknologi terbaru.

Kepuasan pasien juga merupakan ukuran efektivitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Pasien yang puas cenderung lebih patuh terhadap rencana perawatan dan lebih mungkin untuk mengikuti saran dokter gigi. Hal ini dapat berdampak positif pada kesehatan gigi dan mulut pasien dalam jangka panjang.

Selain itu, kepuasan pasien juga dapat memberi manfaat finansial bagi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Pasien yang puas cenderung bersedia membayar lebih untuk mendapatkan pelayanan yang baik. Rumah sakit juga dapat menghemat biaya dengan mengurangi jumlah pasien yang datang kembali karena masalah yang sama.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Bagian ini berisi kumpulan pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya terkait Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. FAQ ini bertujuan untuk memberikan informasi tambahan dan mengklarifikasi berbagai aspek tentang rumah sakit kami.

Pertanyaan 1: Di mana lokasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas?

Jawaban: Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas berlokasi di Jl. Sudirman No.2, Padang, Sumatera Barat.

Pertanyaan 2: Layanan apa saja yang tersedia di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas?

Jawaban: Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas menyediakan berbagai layanan kesehatan gigi dan mulut, antara lain pemeriksaan gigi, pembersihan karang gigi, penambalan gigi, perawatan saluran akar, pembuatan gigi palsu, dan operasi bedah mulut.

Pertanyaan 3: Apakah Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas menerima pasien BPJS Kesehatan?

Jawaban: Ya, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas menerima pasien BPJS Kesehatan. Pasien dapat menggunakan kartu BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pertanyaan 4: Berapa biaya perawatan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas?

Jawaban: Biaya perawatan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas bervariasi tergantung pada jenis perawatan yang dilakukan. Pasien dapat menanyakan informasi biaya secara langsung kepada petugas rumah sakit atau melalui telepon.

Pertanyaan 5: Apakah Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas memiliki fasilitas yang modern?

Jawaban: Ya, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas dilengkapi dengan fasilitas yang modern untuk mendukung pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas, seperti mesin rontgen panoramik, mesin cone beam computed tomography (CBCT), laser gigi, dan mikroskop gigi.

Pertanyaan 6: Apa saja keunggulan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas?

Jawaban: Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas memiliki beberapa keunggulan, antara lain tenaga kesehatan yang profesional, fasilitas modern, pelayanan yang komprehensif, dan akreditasi paripurna yang menjamin kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui telepon atau email. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Bagian ini berisi beberapa tips bermanfaat untuk membantu Anda menjaga kesehatan gigi dan mulut yang optimal. Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat mengurangi risiko masalah gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan bau mulut.

Tip 1: Sikat gigi secara teratur.
Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam, menggunakan pasta gigi berfluoride. Pastikan untuk menyikat semua permukaan gigi, termasuk bagian depan, belakang, dan permukaan kunyah.

Tip 2: Bersihkan sela-sela gigi.
Gunakan benang gigi atau sikat interdental untuk membersihkan sela-sela gigi. Ini akan membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Tip 3: Batasi makanan dan minuman manis.
Makanan dan minuman manis, seperti permen, kue, dan soda, dapat merusak gigi. Batasi konsumsi makanan dan minuman ini untuk menjaga kesehatan gigi.

Tip 4: Minum banyak air.
Air putih membantu membersihkan gigi dan mulut, serta mencegah bau mulut. Minum banyak air sepanjang hari untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Tip 5: Hindari merokok.
Merokok dapat merusak gigi dan gusi. Jika Anda merokok, berhentilah merokok untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Tip 6: Kunjungi dokter gigi secara teratur.
Kunjungi dokter gigi setiap enam bulan untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi. Pemeriksaan dan pembersihan gigi secara teratur dapat membantu mendeteksi dan mencegah masalah gigi dan mulut.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut yang optimal. Gigi dan gusi yang sehat tidak hanya akan meningkatkan penampilan Anda, tetapi juga akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang perawatan gigi dan mulut yang tersedia di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas.

Kesimpulan

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas merupakan pusat layanan kesehatan gigi dan mulut yang komprehensif dan berkualitas tinggi. Rumah sakit ini memiliki tenaga kesehatan profesional, fasilitas modern, dan pelayanan yang prima. Selain itu, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas juga aktif dalam penelitian dan pengembangan, serta menjalin kerja sama dengan berbagai institusi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya.

Ada beberapa poin utama yang menjadi fokus dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas, yaitu:

  1. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang komprehensif, dari pemeriksaan hingga perawatan.
  2. Tenaga kesehatan yang profesional dan kompeten di bidangnya masing-masing.
  3. Fasilitas modern yang mendukung diagnosis dan perawatan yang akurat dan efektif.

Dengan fokus pada aspek-aspek tersebut, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang optimal bagi masyarakat. Rumah sakit ini berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya dan menjadi pusat rujukan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia.

Related Post