Panduan Lengkap: Daftar Kode Pos Kabupaten Demak Terbaru

administrator

Daftar Kode Pos Kab. Demak (Noun Phrase): Daftar yang berisi kode pos wilayah Kabupaten Demak, seperti 59518 untuk wilayah Kecamatan Demak.

Daftar Kode Pos Kab. Demak sangat penting untuk kelancaran pengiriman surat dan barang, memudahkan pencarian alamat, dan juga menjadi dasar penentuan tarif pengiriman. Kode pos ini pertama kali ditetapkan pada tahun 1995 sebagai bagian dari sistem kode pos nasional.

Artikel ini akan menyajikan daftar lengkap kode pos di Kabupaten Demak, yang dihimpun dari berbagai sumber terpercaya.

Daftar Kode Pos Kab. Demak

Daftar Kode Pos Kab. Demak merupakan informasi penting yang memiliki beberapa aspek mendasar, di antaranya:

  • Wilayah
  • Administrasi
  • Pengiriman
  • Ekonomi
  • Kependudukan
  • Sosial
  • Budaya
  • Sejarah

Daftar Kode Pos Kab. Demak tidak hanya sekedar kumpulan angka, tetapi juga mencerminkan berbagai aspek kehidupan masyarakat di Kabupaten Demak. Misalnya, kode pos dapat digunakan untuk mengetahui wilayah administrasi suatu daerah, memudahkan pengiriman surat dan barang, serta menjadi dasar perhitungan tarif pengiriman. Selain itu, kode pos juga dapat menjadi indikator perkembangan ekonomi, kepadatan penduduk, dan keberagaman sosial budaya suatu wilayah.

Wilayah

Dalam konteks Daftar Kode Pos Kab. Demak, aspek wilayah sangat penting karena berkaitan dengan pembagian administratif dan geografis daerah Kabupaten Demak. Kode pos diberikan kepada setiap wilayah, yang meliputi desa, kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota.

  • Pembagian Administratif
    Daftar Kode Pos Kab. Demak mengikuti pembagian administratif Kabupaten Demak, yang terdiri dari 14 kecamatan, 27 kelurahan, dan 247 desa.
  • Batas Wilayah
    Kode pos juga menunjukkan batas wilayah suatu daerah. Misalnya, kode pos 59518 hanya berlaku untuk wilayah Kecamatan Demak, yang berbatasan dengan Kecamatan Dempet di sebelah utara, Kecamatan Karangtengah di sebelah timur, Kecamatan Bonang di sebelah selatan, dan Kecamatan Wedung di sebelah barat.
  • Luas Wilayah
    Daftar Kode Pos Kab. Demak dapat memberikan gambaran tentang luas wilayah suatu daerah. Kode pos dengan jangkauan yang luas, seperti 59564 untuk Kecamatan Gajah, menunjukkan bahwa wilayah kecamatan tersebut cukup besar.
  • Kepadatan Penduduk
    Kode pos juga dapat menjadi indikator kepadatan penduduk suatu wilayah. Kode pos dengan banyak alamat, seperti 59512 untuk Kelurahan Bintoro, menunjukkan bahwa wilayah tersebut memiliki kepadatan penduduk yang tinggi.

Dengan demikian, Daftar Kode Pos Kab. Demak tidak hanya memberikan informasi tentang lokasi suatu alamat, tetapi juga mencerminkan aspek wilayah Kabupaten Demak, seperti pembagian administratif, batas wilayah, luas wilayah, dan kepadatan penduduk.

Administrasi

Dalam konteks Daftar Kode Pos Kab. Demak, aspek administrasi sangat penting karena berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di wilayah Kabupaten Demak. Kode pos menjadi bagian integral dari sistem administrasi, baik dalam skala lokal maupun nasional.

  • Pembagian Wilayah

    Kode pos mengikuti pembagian wilayah administratif Kabupaten Demak, yang terdiri dari 14 kecamatan, 27 kelurahan, dan 247 desa. Pembagian ini memudahkan pemerintah dalam mengatur dan mengelola wilayahnya.

  • Pengelolaan Data Kependudukan

    Kode pos digunakan sebagai salah satu dasar dalam pengelolaan data kependudukan. Dengan kode pos, pemerintah dapat mengidentifikasi dan mendata penduduk di setiap wilayah dengan lebih akurat.

  • Pelayanan Publik

    Kode pos sangat penting dalam pelayanan publik, seperti pengiriman surat, penyaluran bantuan sosial, dan pemetaan wilayah. Kode pos memastikan bahwa layanan publik dapat diberikan secara tepat dan efisien.

  • Perencanaan Pembangunan

    Daftar Kode Pos Kab. Demak dapat menjadi dasar dalam perencanaan pembangunan daerah. Pemerintah dapat menggunakan kode pos untuk mengidentifikasi daerah-daerah yang membutuhkan pembangunan dan mengalokasikan sumber daya secara efektif.

Dengan demikian, Daftar Kode Pos Kab. Demak memiliki peran penting dalam aspek administrasi pemerintahan. Kode pos menjadi alat bantu yang efektif dalam penyelenggaraan pemerintahan, pengelolaan data kependudukan, pelayanan publik, dan perencanaan pembangunan.

Pengiriman

Dalam konteks Daftar Kode Pos Kab. Demak, aspek pengiriman memiliki hubungan yang sangat erat. Kode pos merupakan elemen penting dalam sistem pengiriman surat dan barang, baik dalam skala lokal maupun nasional.

Kode pos berfungsi sebagai penunjuk lokasi yang akurat, memungkinkan petugas pengiriman untuk mengidentifikasi dan mengantarkan kiriman ke alamat tujuan dengan cepat dan tepat. Tanpa adanya kode pos, proses pengiriman akan menjadi lebih sulit dan memakan waktu, terutama di daerah dengan kepadatan penduduk yang tinggi atau wilayah yang luas.

Dalam Daftar Kode Pos Kab. Demak, setiap wilayah administratif memiliki kode pos yang unik. Kode pos ini dicantumkan pada alamat yang tertera pada surat atau barang yang akan dikirim. Petugas pengiriman menggunakan kode pos untuk menentukan rute pengiriman yang optimal dan memastikan bahwa kiriman sampai ke tujuan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Dengan demikian, Daftar Kode Pos Kab. Demak memiliki peran penting dalam kelancaran proses pengiriman surat dan barang. Kode pos merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari sistem pengiriman, memastikan bahwa kiriman dapat diterima oleh penerima dengan cepat, tepat, dan efisien.

Ekonomi

Daftar Kode Pos Kab. Demak memiliki hubungan yang erat dengan perekonomian daerah. Kode pos dapat menjadi indikator aktivitas ekonomi, perkembangan bisnis, dan potensi investasi di suatu wilayah.

Daerah dengan kode pos yang ramai, seperti 59512 untuk Kelurahan Bintoro atau 59518 untuk Kecamatan Demak, umumnya memiliki tingkat aktivitas ekonomi yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya toko, perusahaan, dan pusat bisnis yang beroperasi di wilayah tersebut. Kode pos yang ramai juga dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya di daerah tersebut.

Selain itu, Daftar Kode Pos Kab. Demak dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah-daerah yang memiliki potensi pengembangan ekonomi. Misalnya, daerah dengan kode pos baru atau kode pos yang belum banyak digunakan dapat menjadi indikator adanya pembangunan baru atau perluasan wilayah ekonomi.

Dengan memahami hubungan antara Daftar Kode Pos Kab. Demak dan ekonomi, pemerintah daerah dapat membuat kebijakan dan program yang tepat untuk meningkatkan perekonomian daerah. Misalnya, dengan memberikan insentif bagi investasi di daerah dengan kode pos yang belum banyak digunakan atau mengembangkan infrastruktur di daerah dengan kode pos yang ramai.

Kependudukan

Daftar Kode Pos Kab. Demak tidak hanya sekadar kumpulan angka yang menunjukkan lokasi geografis, tetapi juga memiliki hubungan yang erat dengan aspek kependudukan di wilayah Kabupaten Demak.

  • Jumlah Penduduk

    Kode pos dapat menunjukkan jumlah penduduk di suatu wilayah. Misalnya, kode pos 59512 untuk Kelurahan Bintoro memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak dibandingkan dengan kode pos 59573 untuk Desa Karangrejo.

  • Kepadatan Penduduk

    Kode pos juga dapat menjadi indikator kepadatan penduduk suatu wilayah. Kode pos dengan jangkauan wilayah yang luas tetapi jumlah penduduknya sedikit menunjukkan kepadatan penduduk yang rendah. Sebaliknya, kode pos dengan jangkauan wilayah yang sempit tetapi jumlah penduduknya banyak menunjukkan kepadatan penduduk yang tinggi.

  • Mobilitas Penduduk

    Perubahan kode pos dapat menjadi indikator mobilitas penduduk. Misalnya, banyaknya penduduk yang pindah dari desa ke kota akan menyebabkan perubahan kode pos di daerah asal dan tujuan.

  • Perencanaan Pembangunan

    Daftar Kode Pos Kab. Demak dapat menjadi dasar dalam perencanaan pembangunan daerah. Pemerintah dapat menggunakan kode pos untuk mengidentifikasi daerah-daerah yang membutuhkan pembangunan infrastruktur, fasilitas umum, dan layanan sosial.

Dengan memahami hubungan antara Daftar Kode Pos Kab. Demak dan kependudukan, pemerintah daerah dapat membuat kebijakan dan program yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Misalnya, dengan membangun rumah susun di daerah dengan kepadatan penduduk yang tinggi atau membangun sekolah baru di daerah dengan jumlah penduduk yang terus bertambah.

Sosial

Daftar Kode Pos Kabupaten Demak memiliki hubungan erat dengan aspek sosial masyarakat. Kode pos tidak hanya menunjukkan lokasi geografis, tetapi juga dapat menjadi cerminan dari struktur sosial, interaksi masyarakat, dan budaya setempat.

Salah satu contoh nyata hubungan antara kode pos dan aspek sosial adalah penggunaan kode pos untuk mengidentifikasi daerah-daerah kumuh atau kawasan miskin. Kode pos di daerah-daerah tersebut biasanya memiliki jangkauan wilayah yang sempit dan jumlah penduduk yang padat. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan sosial dan ekonomi di suatu wilayah.

Selain itu, kode pos juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah-daerah yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi. Kode pos di daerah-daerah tersebut biasanya memiliki jumlah laporan kejahatan yang lebih banyak dibandingkan dengan kode pos di daerah lain. Hal ini menunjukkan bahwa kode pos dapat menjadi indikator keamanan dan ketertiban suatu wilayah.

Dengan memahami hubungan antara Daftar Kode Pos Kabupaten Demak dan aspek sosial, pemerintah daerah dapat membuat kebijakan dan program yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Misalnya, dengan membangun rumah susun di daerah kumuh atau meningkatkan patroli keamanan di daerah dengan tingkat kriminalitas tinggi.

Budaya

Dalam konteks Daftar Kode Pos Kabupaten Demak, aspek budaya menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi pembentukan dan perkembangan kode pos di wilayah tersebut. Budaya memiliki banyak aspek, di antaranya:

  • Tradisi dan Adat Istiadat

    Tradisi dan adat istiadat masyarakat Demak memengaruhi penamaan wilayah dan penetapan batas-batas wilayah. Misalnya, nama desa Karangtengah berasal dari tradisi masyarakat setempat yang tinggal di tengah-tengah hutan jati.

  • Bahasa dan Dialek

    Bahasa dan dialek yang digunakan masyarakat Demak memengaruhi penulisan nama wilayah pada kode pos. Misalnya, penggunaan dialek Jawa Tengah dalam penulisan nama Desa Karangrowo menjadi “Karangrawo”.

  • Struktur Sosial

    Struktur sosial masyarakat Demak memengaruhi pembagian wilayah administratif. Misalnya, pembagian wilayah kecamatan dan desa didasarkan pada struktur sosial masyarakat setempat, seperti keberadaan tokoh masyarakat atau sesepuh desa.

  • Ekspresi Seni dan Budaya

    Ekspresi seni dan budaya masyarakat Demak juga memengaruhi penetapan kode pos. Misalnya, keberadaan kesenian tari Gambyong dan Barongan memengaruhi penamaan wilayah, seperti Desa Gambyong dan Desa Barongan.

Dengan memahami hubungan antara Daftar Kode Pos Kabupaten Demak dan aspek budaya, pemerintah daerah dapat membuat kebijakan dan program yang tepat untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal. Misalnya, dengan menetapkan kode pos khusus untuk wilayah yang memiliki nilai sejarah atau budaya.

Sejarah

Dalam konteks Daftar Kode Pos Kabupaten Demak, aspek sejarah memiliki peran penting karena berkaitan dengan asal-usul dan perkembangan sistem kode pos di wilayah tersebut. Berikut adalah beberapa aspek sejarah yang terkait dengan Daftar Kode Pos Kabupaten Demak:

  • Asal-Usul Penetapan Kode Pos

    Penetapan kode pos di Kabupaten Demak diawali dengan diberlakukannya sistem kode pos nasional pada tahun 1995. Penetapan ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Nomor KM.109/PW.601/MPPT-95.

  • Perubahan Kode Pos

    Seiring dengan perkembangan wilayah dan perubahan batas-batas administratif, terjadi pula perubahan pada kode pos di Kabupaten Demak. Perubahan ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi terkini dan memastikan ketepatan pengiriman surat dan barang.

  • Peta Kode Pos

    Peta kode pos merupakan salah satu artefak sejarah yang menggambarkan pembagian wilayah dan kode pos pada suatu masa tertentu. Peta ini dapat digunakan untuk melacak perubahan kode pos dan memahami perkembangan wilayah Kabupaten Demak.

  • Warisan Budaya

    Nama-nama wilayah yang tercantum dalam Daftar Kode Pos Kabupaten Demak seringkali memiliki nilai sejarah dan budaya. Nama-nama tersebut dapat mencerminkan asal-usul daerah, tokoh penting, atau peristiwa bersejarah yang terjadi di wilayah tersebut.

Dengan memahami aspek sejarah yang terkait dengan Daftar Kode Pos Kabupaten Demak, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang perkembangan sistem kode pos di wilayah tersebut. Selain itu, kita juga dapat menghargai nilai sejarah dan budaya yang terkandung dalam nama-nama wilayah yang tercantum dalam daftar tersebut.

Pertanyaan Umum tentang Daftar Kode Pos Kabupaten Demak

Pertanyaan umum (FAQ) ini akan menjawab pertanyaan umum atau kesalahpahaman umum yang mungkin dimiliki pembaca tentang Daftar Kode Pos Kabupaten Demak. Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk memberikan informasi yang jelas dan ringkas tentang topik ini.

Pertanyaan 1: Apa itu Daftar Kode Pos Kabupaten Demak?

Daftar Kode Pos Kabupaten Demak adalah kumpulan kode pos yang digunakan untuk mengidentifikasi wilayah administratif di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Kode pos ini ditetapkan oleh PT Pos Indonesia untuk memudahkan pengiriman surat dan barang.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mencari kode pos untuk suatu wilayah di Kabupaten Demak?

Anda dapat mencari kode pos untuk suatu wilayah di Kabupaten Demak melalui situs web resmi PT Pos Indonesia atau melalui layanan pencarian kode pos online yang tersedia di internet.

Pertanyaan 6: Apakah kode pos di Kabupaten Demak dapat berubah?

Ya, kode pos di Kabupaten Demak dapat berubah seiring dengan perubahan batas wilayah administratif atau perkembangan wilayah. Perubahan kode pos biasanya diumumkan oleh PT Pos Indonesia melalui surat edaran atau pengumuman resmi.

Pertanyaan-pertanyaan umum ini memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang Daftar Kode Pos Kabupaten Demak. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan merujuk ke bagian selanjutnya dari artikel ini untuk informasi lebih rinci.

Menelusuri Lebih Dalam Daftar Kode Pos Kabupaten Demak

Tips Menelusuri Daftar Kode Pos Kabupaten Demak

Bagian ini akan memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membantu Anda menelusuri Daftar Kode Pos Kabupaten Demak secara efektif dan efisien.

Tip 1: Gunakan Mesin Pencari

Anda dapat menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing untuk mencari kode pos suatu wilayah di Kabupaten Demak. Cukup ketik “kode pos” diikuti dengan nama wilayah yang ingin Anda cari.

Tip 2: Kunjungi Situs Web Resmi PT Pos Indonesia

PT Pos Indonesia memiliki situs web resmi yang menyediakan layanan pencarian kode pos. Anda dapat mengakses situs web ini di https://www.posindonesia.co.id/cari-kode-pos.

Tip 3: Manfaatkan Layanan Pencarian Kode Pos Online

Selain situs web PT Pos Indonesia, terdapat beberapa layanan pencarian kode pos online yang dapat Anda gunakan. Layanan ini biasanya menyediakan fitur yang lebih lengkap, seperti pencarian berdasarkan nama jalan atau nomor telepon.

Tip 4: Hubungi Kantor Pos Terdekat

Jika Anda mengalami kesulitan menemukan kode pos yang Anda cari, Anda dapat menghubungi kantor pos terdekat. Petugas kantor pos biasanya dapat membantu Anda menemukan kode pos yang benar.

Tip 5: Periksa Dokumen Resmi

Kode pos biasanya tercantum pada dokumen resmi seperti KTP, SIM, atau tagihan listrik. Anda dapat memeriksa dokumen-dokumen ini untuk menemukan kode pos wilayah Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat dengan mudah menemukan kode pos yang Anda butuhkan di Kabupaten Demak. Kode pos ini sangat penting untuk memastikan pengiriman surat dan barang yang akurat dan tepat waktu.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas lebih lanjut tentang pentingnya Daftar Kode Pos Kabupaten Demak dan bagaimana hal ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Kesimpulan

Daftar Kode Pos Kabupaten Demak merupakan perangkat penting yang tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk lokasi, tetapi juga mencerminkan berbagai aspek kehidupan masyarakat di Kabupaten Demak. Daftar ini memberikan informasi penting tentang wilayah administratif, pengiriman surat dan barang, aktivitas ekonomi, kepadatan penduduk, struktur sosial, budaya, dan sejarah daerah.

Dengan memahami hubungan antara Daftar Kode Pos Kabupaten Demak dan berbagai aspek kehidupan masyarakat, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang perkembangan dan dinamika wilayah Kabupaten Demak. Hal ini dapat menjadi dasar bagi perencanaan pembangunan daerah yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Tags

Related Post