Tips Memilih Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini yang Tepat untuk Masa Depan Karier Anda

administrator

Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI) merupakan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi di bidang Kesejahteraan Sosial.

AKSI memiliki peran penting dalam menyiapkan tenaga kesejahteraan sosial profesional yang memiliki kompetensi dalam memberikan layanan kesejahteraan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini sejalan dengan cita-cita Ibu Kartini sebagai pahlawan emansipasi wanita yang memperjuangkan kesejahteraan masyarakat, khususnya perempuan dan anak-anak.

Oleh karena itu, tulisan ini akan mengupas tuntas tentang Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini, mulai dari sejarah pendirian, visi misi, program studi yang ditawarkan, hingga prospek kerjanya.

Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini

Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI) merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi di bidang Kesejahteraan Sosial. AKSI memiliki peran penting dalam menyiapkan tenaga kesejahteraan sosial profesional yang memiliki kompetensi dalam memberikan layanan kesejahteraan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Program Studi
  • Kurikulum
  • Dosen dan Tenaga Kependidikan
  • Mahasiswa
  • Fasilitas
  • Kerja Sama
  • Prestasi

Aspek-aspek tersebut saling terkait dan berkontribusi pada keberhasilan AKSI dalam mencetak lulusan yang berkualitas. Misalnya, kurikulum yang dirancang dengan baik dan dosen yang kompeten akan menghasilkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni di bidang kesejahteraan sosial. Fasilitas yang lengkap dan kerja sama dengan berbagai instansi akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan memperoleh pengalaman praktik lapangan yang berharga. Prestasi yang diraih oleh AKSI, baik di tingkat nasional maupun internasional, menjadi bukti nyata kualitas pendidikan yang diberikan.

Sejarah

Sejarah memiliki hubungan yang sangat erat dengan Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI). AKSI didirikan pada tahun 1965 sebagai wujud nyata perjuangan Ibu Kartini dalam memperjuangkan kesejahteraan masyarakat, khususnya perempuan dan anak-anak. Sejak awal berdirinya, AKSI telah mengalami berbagai perkembangan dan perubahan, namun tetap konsisten dalam menjalankan misinya untuk mencetak tenaga kesejahteraan sosial profesional yang kompeten.

Sejarah AKSI memberikan banyak pelajaran berharga yang dapat dijadikan pedoman dalam pengembangan pendidikan kesejahteraan sosial di Indonesia. Misalnya, dari sejarah AKSI kita dapat belajar tentang pentingnya komitmen dan konsistensi dalam memperjuangkan kesejahteraan sosial. Selain itu, sejarah AKSI juga mengajarkan kita tentang pentingnya kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengembangkan pendidikan kesejahteraan sosial.

Memahami sejarah AKSI juga penting untuk memahami tantangan dan peluang yang dihadapi oleh pendidikan kesejahteraan sosial di Indonesia saat ini. Dengan memahami sejarah, kita dapat lebih siap dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada untuk mengembangkan pendidikan kesejahteraan sosial yang lebih baik di masa depan.

Visi dan Misi

Visi dan misi merupakan elemen penting dalam Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI) karena memberikan arah dan tujuan yang jelas bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi di bidang kesejahteraan sosial.

  • Pendidikan Berkualitas

    AKSI berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidang kesejahteraan sosial.

  • Penelitian dan Pengembangan

    AKSI senantiasa melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang kesejahteraan sosial untuk menghasilkan inovasi dan solusi baru dalam praktik kesejahteraan sosial.

  • Pengabdian Masyarakat

    AKSI aktif melakukan pengabdian masyarakat melalui berbagai kegiatan, seperti penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan masyarakat.

  • Kolaborasi dan Kemitraan

    AKSI menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, organisasi nirlaba, dan dunia usaha, untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas pendidikan kesejahteraan sosial.

Visi dan misi AKSI tersebut saling terkait dan mendukung satu sama lain. Pendidikan berkualitas tinggi menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional, yang pada gilirannya berkontribusi pada penelitian dan pengembangan serta pengabdian masyarakat yang lebih efektif. Kolaborasi dan kemitraan memperkuat kapasitas AKSI dalam menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang berkualitas tinggi serta memberikan dampak yang lebih luas kepada masyarakat.

Program Studi

Program studi merupakan salah satu aspek penting dalam Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI) karena menentukan arah dan fokus pendidikan yang diselenggarakan. AKSI menawarkan beberapa program studi yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga kesejahteraan sosial profesional yang kompeten.

  • Sarjana Kesejahteraan Sosial

    Program studi ini mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di bidang pelayanan sosial, seperti di lembaga kesejahteraan sosial, rumah sakit, dan sekolah. Lulusan program studi ini memiliki kompetensi dalam melakukan asesmen, intervensi, dan evaluasi masalah kesejahteraan sosial.

  • Diploma Kesejahteraan Sosial

    Program studi ini mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di bidang pelayanan sosial tingkat dasar, seperti di panti sosial, lembaga rehabilitasi, dan komunitas masyarakat. Lulusan program studi ini memiliki kompetensi dalam memberikan layanan dasar kesejahteraan sosial, seperti pendampingan, konseling, dan pemberdayaan masyarakat.

  • Magister Kesejahteraan Sosial

    Program studi ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi peneliti dan akademisi di bidang kesejahteraan sosial. Lulusan program studi ini memiliki kompetensi dalam melakukan penelitian, pengembangan teori, dan publikasi ilmiah di bidang kesejahteraan sosial.

Ketiga program studi tersebut saling melengkapi dan membentuk suatu kesatuan yang utuh dalam pendidikan kesejahteraan sosial di AKSI. Lulusan AKSI diharapkan menjadi tenaga kesejahteraan sosial profesional yang memiliki kompetensi, keterampilan, dan pengetahuan yang mumpuni untuk memberikan layanan kesejahteraan sosial yang berkualitas kepada masyarakat.

Kurikulum

Kurikulum merupakan komponen penting dalam Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI) karena menentukan arah dan fokus pendidikan yang diselenggarakan. Kurikulum AKSI dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga kesejahteraan sosial profesional yang kompeten, sesuai dengan visi dan misi AKSI.

Kurikulum AKSI disusun berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi dan kebutuhan lapangan. Kurikulum ini terdiri dari mata kuliah teori, praktik, dan penelitian yang saling terintegrasi. Mata kuliah teori memberikan dasar pengetahuan tentang kesejahteraan sosial, sementara mata kuliah praktik memberikan keterampilan dalam memberikan layanan kesejahteraan sosial. Mata kuliah penelitian mempersiapkan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidang kesejahteraan sosial.

Salah satu contoh mata kuliah praktik di AKSI adalah Praktikum Kerja Lapangan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa terjun langsung ke lapangan untuk memberikan layanan kesejahteraan sosial kepada masyarakat. Mahasiswa akan belajar bagaimana melakukan asesmen, intervensi, dan evaluasi masalah kesejahteraan sosial di bawah bimbingan dosen pembimbing. Pengalaman praktik lapangan ini sangat penting untuk melatih keterampilan mahasiswa dalam memberikan layanan kesejahteraan sosial yang berkualitas.

Kurikulum AKSI terus dievaluasi dan diperbarui secara berkala untuk memastikan bahwa kurikulum tetap relevan dengan kebutuhan lapangan. AKSI juga bekerja sama dengan berbagai lembaga kesejahteraan sosial untuk memastikan bahwa kurikulum yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Dengan demikian, lulusan AKSI diharapkan memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja dan dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam pembangunan kesejahteraan sosial di Indonesia.

Dosen dan Tenaga Kependidikan

Dosen dan tenaga kependidikan merupakan komponen penting dalam Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI). Mereka berperan sebagai fasilitator dan motivator dalam proses pendidikan dan pengajaran di AKSI. Dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas akan menghasilkan lulusan yang berkualitas pula.

Salah satu contoh peran penting dosen dan tenaga kependidikan di AKSI adalah dalam pengembangan kurikulum. Dosen dan tenaga kependidikan terlibat aktif dalam merancang dan mengevaluasi kurikulum agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan lapangan. Selain itu, dosen dan tenaga kependidikan juga berperan dalam pengembangan metode dan teknik pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.

Dalam praktiknya, dosen dan tenaga kependidikan di AKSI juga berperan sebagai pembimbing mahasiswa. Mereka memberikan bimbingan akademik dan non-akademik kepada mahasiswa, membantu mahasiswa dalam mengembangkan potensi akademik dan pribadi mereka. Bimbingan ini sangat penting untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga kesejahteraan sosial profesional yang kompeten dan berkarakter.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dosen dan tenaga kependidikan merupakan komponen yang sangat penting dalam Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini. Mereka berperan penting dalam pengembangan kurikulum, pelaksanaan proses belajar mengajar, dan pembimbingan mahasiswa. Peran mereka sangat penting dalam mempersiapkan lulusan AKSI menjadi tenaga kesejahteraan sosial profesional yang kompeten dan berkarakter.

Mahasiswa

Mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI). Mereka adalah generasi muda yang akan meneruskan perjuangan Ibu Kartini dalam memperjuangkan kesejahteraan sosial masyarakat Indonesia.

  • Potensi Mahasiswa

    Mahasiswa AKSI memiliki potensi besar untuk menjadi tenaga kesejahteraan sosial profesional yang kompeten. Mereka memiliki semangat juang yang tinggi, idealisme yang kuat, dan keinginan untuk membuat perubahan positif di masyarakat.

  • Keberagaman Mahasiswa

    Mahasiswa AKSI berasal dari berbagai latar belakang dan daerah di Indonesia. Keberagaman ini memperkaya dinamika belajar mengajar di AKSI dan mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di lingkungan yang multikultural.

  • Prestasi Mahasiswa

    Mahasiswa AKSI telah banyak meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Prestasi ini menunjukkan kualitas pendidikan AKSI dan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari.

  • Kontribusi Mahasiswa

    Mahasiswa AKSI tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga aktif berkontribusi kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini memberikan mahasiswa pengalaman langsung dalam memberikan layanan kesejahteraan sosial dan menumbuhkan jiwa sosial mereka.

Mahasiswa-mahasiswi AKSI merupakan aset berharga bagi bangsa Indonesia. Mereka adalah generasi penerus yang diharapkan mampu membawa perubahan positif di bidang kesejahteraan sosial. Dengan potensi, keberagaman, prestasi, dan kontribusi mereka, mahasiswa-mahasiswi AKSI siap menjadi garda terdepan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Fasilitas

Fasilitas merupakan komponen penting dari Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI) karena mendukung proses pendidikan dan pengajaran secara efektif dan efisien. Fasilitas yang memadai memungkinkan mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan keterampilan dalam lingkungan yang kondusif.

Salah satu contoh fasilitas penting di AKSI adalah laboratorium praktik kerja sosial. Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai peralatan dan bahan yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk melakukan praktik kerja sosial, seperti ruang simulasi, ruang wawancara, dan ruang observasi. Dengan adanya laboratorium praktik, mahasiswa dapat belajar dan mengasah keterampilan mereka dalam memberikan layanan kesejahteraan sosial secara langsung.

Selain itu, AKSI juga memiliki perpustakaan yang lengkap dan modern. Perpustakaan ini menyediakan berbagai koleksi buku, jurnal, dan sumber daya lainnya yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk belajar dan melakukan penelitian. Perpustakaan yang lengkap memungkinkan mahasiswa untuk mengakses informasi terbaru dan mengembangkan wawasan mereka di bidang kesejahteraan sosial.

Dengan memiliki fasilitas yang memadai, AKSI dapat mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga kesejahteraan sosial profesional yang kompeten dan siap kerja. Fasilitas tersebut mendukung mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk memberikan layanan kesejahteraan sosial yang berkualitas kepada masyarakat.

Kerja Sama

Kerja sama merupakan aspek penting dalam pengembangan Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI) untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengabdian masyarakat di bidang kesejahteraan sosial.

  • Institusi Pendidikan

    AKSI menjalin kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan, seperti universitas, sekolah tinggi, dan lembaga penelitian, untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lapangan dan melakukan penelitian bersama.

  • Lembaga Kesejahteraan Sosial

    AKSI bekerja sama dengan lembaga kesejahteraan sosial, seperti panti sosial, rumah sakit, dan lembaga rehabilitasi, untuk menyediakan tempat praktik kerja lapangan bagi mahasiswa dan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.

  • Organisasi Masyarakat Sipil

    AKSI menjalin kerja sama dengan organisasi masyarakat sipil, seperti LSM dan yayasan, untuk mengadvokasi kebijakan kesejahteraan sosial dan melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

  • Dunia Usaha

    AKSI juga bekerja sama dengan dunia usaha, seperti perusahaan dan lembaga keuangan, untuk mengembangkan program beasiswa, menyediakan lapangan kerja, dan mendukung kegiatan penelitian.

Kerja sama tersebut memungkinkan AKSI untuk memperluas jaringan, meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, memberikan pengalaman praktik lapangan yang berharga bagi mahasiswa, dan berkontribusi pada pengembangan kesejahteraan sosial di Indonesia secara lebih luas.

Prestasi

Prestasi merupakan salah satu indikator keberhasilan sebuah lembaga pendidikan, termasuk Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI). Prestasi yang diraih oleh AKSI tidak hanya membawa kebanggaan bagi institusi, tetapi juga mencerminkan kualitas pendidikan dan kontribusi AKSI dalam pengembangan kesejahteraan sosial di Indonesia.

Salah satu bentuk prestasi yang diraih oleh AKSI adalah prestasi mahasiswa dalam berbagai kompetisi dan ajang ilmiah. Mahasiswa AKSI telah berhasil meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional, seperti juara dalam kompetisi debat kesejahteraan sosial dan juara dalam kompetisi penulisan makalah ilmiah. Prestasi tersebut menunjukkan kemampuan mahasiswa AKSI dalam menguasai ilmu kesejahteraan sosial dan mengaplikasikannya dalam bentuk karya ilmiah.

Selain prestasi mahasiswa, AKSI juga meraih prestasi dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Dosen dan peneliti AKSI aktif melakukan penelitian dan publikasi ilmiah di jurnal-jurnal nasional dan internasional terkemuka. Selain itu, AKSI juga aktif terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat, seperti penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan masyarakat. Prestasi-prestasi tersebut menunjukkan komitmen AKSI dalam mengembangkan ilmu kesejahteraan sosial dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Bagian FAQ ini dirancang untuk menjawab pertanyaan umum dan memberikan klarifikasi tentang Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI). Pertanyaan-pertanyaan ini mengantisipasi pertanyaan pembaca atau menjelaskan aspek-aspek penting AKSI.

Pertanyaan 1: Apa itu AKSI?

AKSI adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang Kesejahteraan Sosial. AKSI bertujuan untuk menghasilkan tenaga kesejahteraan sosial profesional yang kompeten untuk memberikan layanan kesejahteraan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pertanyaan 2: Apa saja program studi yang ditawarkan AKSI?

AKSI menawarkan tiga program studi, yaitu Sarjana Kesejahteraan Sosial, Diploma Kesejahteraan Sosial, dan Magister Kesejahteraan Sosial.

Pertanyaan 3: Bagaimana kualitas pendidikan di AKSI?

AKSI memiliki dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas, kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lapangan, serta fasilitas yang memadai. Hal ini memungkinkan AKSI untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga kesejahteraan sosial profesional yang kompeten.

Pertanyaan 4: Apa saja prestasi yang diraih AKSI?

AKSI telah meraih berbagai prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Prestasi tersebut meliputi prestasi mahasiswa dalam kompetisi ilmiah, prestasi dosen dalam penelitian dan publikasi ilmiah, serta prestasi AKSI dalam pengabdian masyarakat.

Pertanyaan 5: Bagaimana prospek kerja lulusan AKSI?

Lulusan AKSI memiliki prospek kerja yang baik di berbagai bidang kesejahteraan sosial, seperti lembaga kesejahteraan sosial, rumah sakit, sekolah, dan organisasi nirlaba. Lulusan AKSI juga dapat bekerja sebagai peneliti, akademisi, atau konsultan di bidang kesejahteraan sosial.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mendaftar di AKSI?

Informasi tentang pendaftaran di AKSI dapat diperoleh melalui situs web resmi AKSI atau dengan menghubungi langsung pihak AKSI.

Pertanyaan-pertanyaan yang dijawab dalam FAQ ini memberikan gambaran umum tentang Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI). Untuk informasi lebih lanjut, pembaca dapat mengunjungi situs web AKSI atau mengikuti media sosial AKSI.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang sejarah, visi dan misi, serta program studi yang ditawarkan di AKSI.

Tips Sukses Menjalani Profesi di Bidang Kesejahteraan Sosial

Profesi di bidang kesejahteraan sosial memiliki tantangan dan peluang tersendiri. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda sukses dalam menjalani profesi ini:

1. Kuasai Ilmu dan Keterampilan yang Dibutuhkan
Bekali diri Anda dengan pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif di bidang kesejahteraan sosial melalui pendidikan formal dan pelatihan.

2. Kembangkan Empati dan Sikap Peduli
Bangunlah kemampuan untuk memahami dan merasakan emosi orang lain, serta tunjukkan sikap peduli dan tidak menghakimi.

3. Jalin Hubungan dan Bangun Jaringan
Bangun hubungan yang kuat dengan kolega, klien, dan stakeholders lainnya. Jaringan yang luas akan memperluas peluang Anda dan memperkaya pengalaman.

4. Terlibat Aktif dalam Komunitas
Turut serta dalam kegiatan komunitas dan organisasi sosial untuk mendapatkan pengalaman langsung dan memahami kebutuhan masyarakat.

5. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi dan Interpersonal
Asah keterampilan komunikasi Anda secara efektif dan aktiflah dalam mendengarkan. Bangun hubungan baik dengan klien dan kolega melalui komunikasi yang jelas dan dua arah.

6. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental
Profesi kesejahteraan sosial bisa menuntut secara emosional. Prioritaskan kesehatan Anda sendiri dengan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

7. Tetap Terkini dengan Tren dan Regulasi
Bersikap proaktif dalam mengikuti perkembangan terkini di bidang kesejahteraan sosial, termasuk kebijakan dan regulasi baru.

8. Cari Mentor dan Dukungan
Identifikasi mentor atau rekan yang dapat memberikan bimbingan, dukungan, dan nasihat berharga sepanjang perjalanan karier Anda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam profesi kesejahteraan sosial. Menggabungkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang tepat akan memungkinkan Anda untuk memberikan dampak positif dan bermakna bagi masyarakat.

Sebagai penutup, profesi kesejahteraan sosial menawarkan kesempatan yang luar biasa untuk membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain. Dengan persiapan dan komitmen yang matang, Anda dapat menavigasi tantangan dan meraih kesuksesan dalam bidang yang bermanfaat ini.

Kesimpulan

Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (AKSI) memiliki peran penting dalam pengembangan profesi kesejahteraan sosial di Indonesia. AKSI menyediakan pendidikan berkualitas, penelitian yang relevan, dan pengabdian masyarakat yang berdampak luas. Melalui program studi yang komprehensif, dosen yang kompeten, dan fasilitas yang memadai, AKSI mempersiapkan lulusan menjadi tenaga kesejahteraan sosial profesional yang siap memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat.

Beberapa poin penting yang saling terkait dalam artikel ini meliputi:

  1. Sejarah panjang AKSI sebagai perintis pendidikan kesejahteraan sosial di Indonesia.
  2. Visi dan misi AKSI yang berfokus pada penyediaan pendidikan berkualitas, penelitian inovatif, dan pengabdian masyarakat.
  3. Komitmen AKSI terhadap pengembangan ilmu dan praktik kesejahteraan sosial melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

Dengan demikian, AKSI diharapkan terus berkontribusi dalam mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia, sejalan dengan cita-cita Ibu Kartini sebagai pelopor emansipasi dan kesejahteraan perempuan.

Related Post